Mengintip Desain Baru Gmail

gmail

Akhirnya, Google akan meremajakan Gmail khususnya kotak masuk dan User Interface (UI) setelah sekian lama absen sejak 2014. Namun, perubahan tersebut tidak menyentuh desain UI kotak masuk Gmail, kabarnya masih simpang siur mengenai perubahan tersebut. Perubahan UI mengadopsi sentuhan material desain khas google dan penambahan beberapa fitur baru. Desain baru gmail akan muncul pada gmail versi web bukan pada versi aplikasi.

Google’s new Gmail design ( Via TheVerge)

Fitur-fitur yang disuguhkan oleh gmail salah satunya adalah fitur smart reply, fitur ini sebenarnya sudah digunakan pada versi aplikasi mobile-nya yang menyediakan saran untuk membalas cepat (quick reply). Fitur lain seperti snooze yang mampu menghapus sementara email dari kotak masuk hingga batas waktu tertentu sehingga pengguna dapat menyingkirkan email sampai pengguna benar-benar ingin membalas email tersebut.

Google juga menambahkan keamanan pada konten yang dikirimkan melalui email, seperti mengisi passcode untuk membuka email. Sistem keamanan seperti Passcode diperoleh dengan meng-generate via SMS atau membuat waktu kadaluarsa pada saat mengirimkan email. Sebenarnya fitur ini bukanlah hal baru, fitur ini dapat kita temukan sebelumnya di Aplikasi Microsoft Outlook aplikasi manajemen email besutan Microsoft. Meski fitur ini dinilai useless namun penggunaan fitur ini membantu pengirim email untuk membatasi siapa saja yang dapat membuka email saat pengguna mem-broadcast email ke semua orang, sehingga hanya segelintir orang saja yang akan mampu membaca konten pesan.

Gmail Confidential Mode ( Via TheVerge)
Gmail Credential Mode
Gmail Credential Mode (Via TheVerge)

Tak hanya empat fitur yang ditambahkan oleh Google pada kotak pesannya, google juga menambahkn sidebar pada Gmail. Sidebar tersebut menawarkan pilihan untuk penggunaan Google calendar, Keep (Catatan Google), atau tugas-tugas tertentu yang membantu dalam penggorganisasian pesan email. Google juga memperkenalkan fitur Confidental Mode yang mampu mengehentikan penerima dari meneruskan email atau membatasi pengguna untuk menyalin, mencetak, dan mengunduh isi dari email yang akan dikirimkan.

Gmail juga menawarkan tiga layout seperti Default view yang menampilkan lampiran dokumen dan foto secara standar, Comfotable view yang memperbanyak jumlah pesan yang dapat dilihat oleh pengguna dalam satu halaman atau menyingkarkan ikon-ikon, dan Compact View yang hampir sama dengan desain gmail yang kita gunakan saat ini, memungkinkan pengguna mempertahankan tampilan yang serupa.

Pihak Google mengonfirmasi pembaruan gmail akan segera dilakukan. Pesan kepada pengguna untuk mencoba program early access tersedia pada beberapa minggu kedepan. Kemungkinan terbesar perilisan Gmail akan menjadi salah satu bagian di ajang pertunjukkan Google I/O besok yang dihelat mulai 8 Mei 2018.

Dilihat 554 kali

Related Posts

About The Author

Interest about design and mobile development