Migrasi Kode Bahasa Kotlin Android Studio (Bagian 1)

Kotlin + Android

Migrasi Kode Bahasa Kotlin Android Studio РKotlin bahasa yang lagi mulai naik peringkatnya untuk di pertimbangkan dalam sebuah system yang akan di buat, Kotlin bahasa yang di kembangkan oleh JetBrain yang di turunakan dari bahasa Java, sama dengan bahasa setingkat nya yaitu scala yang sama sama harus menggunakan JVM sebagai mesin kompilernya. tanpa adanya JDK (Java Development Kit) Kotlin tidak akan berjalan semestinya.

Berikut bagaimana memulai migrasi migrasi kode bahasa kotlin di Android Studio

1. Install Plugin Kotlin android studio pada File- Setting- Plugin – Browse Plugin – (search kotlin)

2. Setelah ter-install maka kita harus restart android studio terlebih dahulu agar Kotlin converter-nya bisa digunakan

3. Untuk mengubah code java menjadi bahasa Kotlin kita tinggal menggunakan Search Action menggunakan shortcut keyboard CTRL+SHIFT+A dan akan muncul popup, search converter kotlin

4. Maka secara sederhana menggunakan plugin converter Kotlin kita dapat mengubah Java menjadi Kotlin dengan mudah.

5. Terlihat bahwa perbedaan antara java dan kotlin, dengan hanya meng-convert bahasa masih kurang cukup karena kita harus menambah dependencies serta class path kotlin pada project.

Setelah beberapa tahap diatas, sekarang kita dapat melanjutkan penulisan code menggunakan Kotlin yang lebih simple dan lebih singkat dari bahasa Java. Kotlin tidak hanya dapat di gunakan pada Android saja melainkan dapat berjalaan di beberapa platform seperti Web maupun Desktop. Setelah ini kita akan membahas kenapa kotlin muncul dan apa keunggulan dari kotlin agar dapat dipertimbangkan untuk migrasi di beberapa project.

Related Posts

About The Author

Spesialis dokter bedah robot Android, inisiator Code Android Indonesia dan part time gamer :)