Mode Penelusuran “In Apps”, Cara Baru Mencari Konten dalam Aplikasi dengan Google App

In Apps Search

Mode Penelusuran In Apps – Google kemarin mengumumkan cara baru berinteraksi dan mencari informasi pada perangkat Android. Penelusuran “In Apps” baru tersedia melalui Google App yang memungkinkan kamu dengan cepat menemukan konten dari aplikasi yang ter-install di Android kamu.

Fitur ini dapat diakses dengan melakukan penelusuran via Google App dengan memilih tab atau kategori baru “In Apps” yang berada pada paling kanan. Kamu akan melihat berbagai potongan konten dari aplikasi yang ter-install berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Misalnya kamu mencari sesuatu dan menemukan percakapan kamu cari di Facebook Messenger. Kamu bisa memperlebar untuk melihat percakapan lainnya dengan mengetuk icon panah kebawah.

IPA Name Search Demo - Nexus (FB Messenger)

Berikut beberapa contoh yang bisa dilakukan dengan mode pencarian In Apps ini yang dilansir dari blog resmi Google Inside Search

  • Cari kontak dan pesan. Mudah mencari dan menemukan kontak teman kamu untuk diajak ngobrol atau kamu ingin mencari tampat makan sushi yang pernah teman kamu beri tahu melalui chat, cukup dengan mengetikkan “sushi” di penelusuran In Apps dan temukan thread percakapannya.
  • Mendengarkan lagu favorit yang sedang diputar atau menonton video panda yang baru di-pause, semuanya disatu tempat.
  • Tetap teratur dengan task dan catatan. Ingin memeriksa item apa saja dalam daftar belanja kamu, cukup cari “bahan makanan” di penelusuran In Apps.

Sekarang aplikasi seperti Gmail, Spotify, dan Youtube sudah mendukung mode pencarian ini. Google mengatakan dalam beberapa bulan mendatang akan ada beberapa aplikasi yang akan mendukung seperti Facebook Messenger, LinkedIn, Evernote, Glide, Todoist dan Google Keep.

Google mencatat bahwa penelusuran ini dapat dilakukan secara lokal pada perangkat tanpa harus terkoneksi internet, artinya kamu dapat menggunakan fitur ini sekalipun kamu tidak sedang terhubung ke WiFi atau jaringan seluler. Google juga mengatakan pengguna dapat mengontrol aplikasi apa saja yang akan muncul di penelusuran In Apps dengan mengaturnya di Pengaturan (Settings) Google App.

Setelah kami mencoba, kami belum menemukan mode pencarian In Apps dalam Google Apps dan mungkin fitur ini akan keluar dalam beberapa hari kedepan. Namun kami menemukan tab atau kategori “Phone” pada Google Apps dengan fungsi yang hampir sama. Kata kunci tertentu didalam Gmail mampu di tampilkan. Konten dalam aplikasi Chromplex pun telah muncul dalam penelusuran. Sepertinya fitur ini akan bekerja jika aplikasi tersebut telah menerapkan App Indexing.

Dilihat 1,144 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist