Niantic Meraih Pendanaan 20 Juta Dolar dari Google, Pokémon Company dan Nintendo

niantic-nintendo

Niantic Meraih Pendanaan 20 Juta Dolar dari Google, Pokémon Company dan Nintendo – Dua bulan lalu, pembuat game berbasis lokasi Ingress yaitu Niantic Labs telah keluar dari Google. Keluarnya Niantic Labs merupakan bagian dari restrukturisasi perusahaan induknya Alphabet. Bulan lalu Niantic Labs telah resmi terbentuk menjadi Niantic, Inc, Niantic bersama Pokémon Company dan Nintento mengerjakan proyek yang mereka sebut Pokémon Go. Game ini juga berbasis lokasi yang nantinya pengguna dapat berburu Pokémon dari berbagai belahan dunia menggunakan smartphone dan gelang Pokémon Go.

Hari ini, Niantic meraih pendanaan Seri A sebesar US 20 juta yang merupakan investasi dari Google, Pokémon Company dan Nintendo. Dalam perjanjiannya terlihat Niantic akan mendapatkan USD 10 juta tambahan namun masih dirahasiakan perusaaan. Pokémon Go baru akan dirilis tahun depan, kemungkinan pendanaan yang tersisa ada hubungannya dengan peluncuran Pokémon Go nantinya.

john hanke
Niantic CEO, John Hanke

Niantic dipimpin oleh John Hanke sebagai CEO. John Hanke sebelumnya merupakan CEO dan Co-founder dari Keyhole yang kemudian menjualnya ke Google. Perusahaan lalu merubahnya menjadi Google Earth. John Hanke melanjutkan untuk memimpin Geo Group di Google dan tentu saja dimulai dari Niantic Labs dengan proyek Ingress-nya.

Pada keterlibatannya, Tsunekazu Ishihara, Presiden dan CEO Pokémon Company, mengatakan:

Investasi strategis Pokemon di Niantic membuka jalan untuk pengalaman dunia mobile social  telah pernah terlihat sebelumnya.Pokémon Company berkomitmen untuk bermitra dengan perusahaan seperti Niantic dengan berbagi semangat yang sama dari komunitas dan inovasi.

Sejak Niantic keluar dari Google dan menjadi perusahaan dibawah Alphabet, sekarang Niantic mendapat manfaat dengan menjadi startup yang gesit. Google VP Corporate Development, Don Harrison, mengatakan bahwa perusahaan itu “bersemangat untuk terus mendukung tim dalam perjalanan mereka.”

Kita lihat perilisan Pokémon Go nantinya yang akan merevolusi dunia game berbasis lokasi.

Via Tech Crunch

Dilihat 275 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist