Nougat Kini Versi Android dengan Pengguna Terbanyak Kedua

Android Oreo

Memasuki awal 2018, Google telah merilis angka distribusi Android pertamanya di tahun ini. Angka tahun ini masih memperlihatkan pertumbuhan Android Oreo yang lambat. Sementara Android Nougat memperlihatkan peringkatan yang cukup signifikan.

Sejak bulan lalu, Android 8.0 masih diangka yang sama yaitu 0,5 persen, sementara Oreo adopsinya mulai 0,2 persen. Pertumbuhan ini kemungkinan besar masih didominasi oleh perangkat Pixel dan Nexus.

Sementara perangkat lain yang sudah mulai menggunakan Oreo di Amerika ada HTC 11 Life, Moto Z2 Force, dan Android One Moto X4. Sementara di seluruh dunia termasuk Asia ada LG V30, Android One Xiaomi Mi A1. Sedangkan OnePlus dan Essential masih dalam versi Beta.

Pertumbuhan cukup signifikan dialami Android Nougat 7.0 yang naik 1,8 persen dari bulan lalu menjadi 21,1 persen, sementara Android Nougat 7.1 naik 1,2 persen menjadi 5,2 persen. Jika keduanya dikombinasikan maka totalnya 26,3 persen yang bulan lalu sebesar 23,3 persen. Hal ini menjadikan Nougat dengan pengguna terbesar kedua setelah Marshmallow.

Walaupun Marshmallow turun 1,3 persen pada bulan ini namun masih tetap menjadi versi Android yang paling banyak digunakan dengan persentase 28,6 persen. Android Lollipop versi 5.0 dan 5.1 ditotal sebesar 25,1 persen. Kitkat 12,8 persen dan Jelly Bean 5,6 persen. Sementara Ice Cream Sandwich 0,5 persen dan Gingerbread 0,4 persen.

Angka diatas di disuusun dari perangkat Android yang mengakses Play Store selama periode tujuh hari yang berakhir pada 8 Januari yang lalu.

Angka Distribusi Android bulan Januari 2018
Angka Distribusi Android bulan Januari 2018 (Sumber: Android Developers)

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist