Paten Baru Google Memberi Pengalaman Baru dalam Membaca Buku di Abad 21

interactive book

Paten Baru Google Memberi Pengalaman Baru dalam Membaca Buku di Abad 21 – Apa jadinya jika fungsi sebuah buku teks digabungkan dengan teknologi Augmented Reality? Teknologi tersebut tidak menggantikan fungsi dari buku dengan komputer. Beberapa hari yang lalu Google berhasil mematenkan dua buah penemuannya dan sudah tercatat di USPTO (United States Patent and Trademark Office), sebuah agen yang mengeluarkan paten untuk melindungi hak kekayaan intelektual bagi si penemu dan pendaftaran trademark untuk produk tersebut.

Teknologi ini berbeda dengan Talking Book yang menggunakan teknologi Real Native Human Voice yang akan melafalkan kata dan kalimat yang ada pada buku dengan cara menunjuknya menggunakan pena khusus. Teknologi ini mengkostumisasi buku teks dengan berbagai sensor halaman, sensor sentuh, dan sensor gerak untuk memahami gerakan pembaca. Berdasarkan gerakan-gerakan dan alur cerita dari buku, sistem menambahkan elemen Augmented Reality di tiap halamannya. Google menyebut penemuan ini sebagai sebuah “Storytelling Device,” atau “Interactive Book.”

interactive book 2
Sebuah perangkat kecil berbentuk hamburger dihubungkan ke punggung buku dan memproyeksikan gambar di atas halaman. Teknologi ini juga dilengkapi dengan sebuah speaker kecil untuk menambahkan pengalaman dalam menjelajahi teknologi ini. Google telah merilis banyak paten untuk berbagai bagian dari penemuan ini. Misalnya, salah satu paten yang dirilis tersebut menjelaskan bagaimana sensor mendeteksi ketika halaman dibalik sehingga memicu event audiovisual.

Teknologi ini menarik karena mencakup media yang sudah lama ada dan menambahkan audio digital serta gambar di atasnya. Semoga saja tidak ada iklan yang mengganggu kenyamanan pengguna ketika membacanya hehe.

media enchance popup book
Dalam paten yang diterbitkan pada hari yang sama, Google juga mengembangkan “Media Enhanced Pop-up Book,” sebuah pengembangan sebelumnya yaitu Augmented Book yang menggunakan ponsel atau tablet untuk menambah pengalaman membaca. Setiap halaman buku ini memiliki halaman lain yang terbuka secara vertikal. Sebuah ponsel atau tablet diletakkan di belakang halaman tersebut dan memproyeksikan gambar pelengkap kepada pembaca.

popup book 2
Kedua paten ini diajukan oleh tim yang sama dan terdiri dari lima orang Engineer Google pada awal Januari 2015.

Via Engadget

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.