Perbedaan Produk Chrome yang Mesti Kamu Tahu

Bermula dari Google Chrome browser sekarang telah banyak bermunculan beberapa produk pengembangan Chrome seperti Google Chrome, Google Chrome OS, Chrome for Android, Chromium, Chromium OS, Chromebook, Chromebase, Chromebox, Chromebit, dan Chromecast. Untuk kamu yang belum memahami perbedaan diantaranya Chromplex membahasnya untuk kamu.

Google Chrome

Google Chrome adalah browser atau peramban web yang dikembangkan oleh Google dari peramban Open Source bernama Chromium. Chrome menggunakan mesin rendering yang benama Blink. Google Chrome pertama kali dirilis Google pada tanggal 2 September 2008, waktu itu hanya tersedia untuk Microsoft Windows. Sekarang Google Chrome browser telah mendukung Sistem Operasi Apple OS X dan Linux.

Chromplex - Chrome Browser

Google Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasi yang dikembangkan Google dari proyek open source Chromium OS. Chrome OS menggunakan Kernel Linux sebagai pondasi utama. Chrome OS dirancang hanya dapat berjalan pada perangkat keras khusus. Interface Chrome OS juga dirancang dengan pendekatan minimalis seperti Chrome Browser. Media penyimpanan pada Chrome OS berbeda dengan PC biasa karna lebih mengutamakan penyimpanan Cloud menggunakan layanan Google Drive, sehingga data kamu bisa diakses dari mana saja dan jika terjadi sesuatu dengan perangkat keras kamu semua data akan aman tersimpan pada layanan Cloud Google Drive. Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009 dan versi stabilnya diluncurkan pada paruh kedua tahun 2010. Chrome OS menggunakan teknologi Web didalamnya sehingga aplikasi yang dijalankan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML5, Javascript dan CSS.

Chromeplex - Chrome OS

Google Chrome for Android

Google Chrome for Android adalah browser atau peramban yang dikembangkan khusus untuk perangkat mobile Android. Interface atau antarmukanya pun disesuaikan untuk kebutuhan mobile. Untuk menjalankan Chrome for Android pastikan perangkat kamu memiliki Sistem Operasi Android minimal versi 4.0 Ice Cream Sandwich.

Chromplex - Chrome for Android Chromplex - Chrome for Android

Chromium

Chromium adalah browser atau peramban yang kode sumbernya terbuka atau Open Source. Siapa saja dapat melihat kode sumber Chromium. Google memimpin langsung proyek pengembangan Open Source browser Chromium. Saat ini kode sumbar Chromium yang memakai mesin rendering Blink telah digunakan oleh beberapa browser seperti Opera dan Vivaldi.

Chromium OS

Chromium OS adalah sistem operasi yang kode sumbernya juga terbuka atau Open Source. Google memimpin langsung proyek ini. Chromium OS merupakan cikal bakal dari Google Chrome OS.

Chromebook

Chromebook merupakan perangkat komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Google Chrome OS. Produk pertama laptop  yang menjalankan Chrome OS adalah CR – 48.

Chromplex - Chromebook Pixel

Chrombase

Chromebase merupakan perangkat komputer desktop yang menjalankan sistem operasi Google Chrome OS. Berbeda dengan laptop, komputer desktop mengunakan layar monitor yang menyatu dengan CPU.

Chromplex - LG Chromebase 2

Chromebox

Chromebox juga merupakan perangkat komputer yang menjalankan sistem operasi Google Chrome OS. Namun bedanya Chromebox hanya seperangkat CPU dalam bentuk kotak tanpa keyboard, mouse dan monitor. Jadi untuk menggunakannya kamu haru membeli kebutuhan perangkat lainnya seperi monitor, keyboard dan mouse.

Chromeplex - Chromebox

Chromecast

Chromecast adalah sebuah alat seperti USB Flashdisk yang dihubungkan keperangkat Televisi atau Monitor yang memiliki port HDMI. Konten pada Smartphone Android atau komputer yang menggunakan Chrome OS atau Chrome Browser dapat menampilkannya pada layar Televisi atau Monitor.

Chromebit

Chromebit sebelumnya telah dijelaskan pada postingan sebelumnya yang dapat kamu lihat disini

Apakah sekarang apakah kamu sudah paham perbedaannya 🙂

Kredit gambar oleh Engadget, Arstechnica

Dilihat 2,001 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist