Platform Iklan pada Google akan Dienkripsi Tanggal 30 Juni

Platform Iklan pada Google akan Dienkripsi

Platform iklan pada Google akan dienkripsi mulai tanggal 30 Juni 2015. Pernyataan ini dikemukakan dalam sebuah posting di sebuah blog, dan diberitakan kembali di TechCrunch beberapa jam yang lalu. Google mengatakan bahwa enkripsi akan beralih pada iklan juga, setelah sebelumnya pada tahun 2008 Google telah mengenkripsi HTTPS pada layanan Gmail.

Secara bertahap Google akan memindahkan semua layanan online untuk enkripsi HTTPS. Secara khusus, Google mengatakan iklan YouTube dan iklan pencarian Google untuk “sebagian besar pengguna” sudah dienkripsi. Ia juga mengatakan bahwa “sebagian besar” dari iklan yang ditayangkan melalui Jaringan Display Google, AdMob, dan DoubleClick akan dienkripsi pada 30 Juni 2015, sementara pengiklan membeli melalui platform tersebut akan memiliki pilihan untuk melayani iklan HTTPS-dienkripsi.

Pernyataan ini tidak masuk ke banyak detail tentang mengapa enkripsi diberlakukan dalam konteks ini — “I suppose it makes sense since these ads can use potentially sensitive data for targeting and personalization. Google does say that this is part of a broader “HTTPS Everywhere” initiative”. Saya kira itu masuk akal karena iklan tersebut dapat menggunakan data yang berpotensi sensitif untuk menargetkan dan personalisasi. Google tidak mengatakan bahwa ini adalah bagian dari yang lebih luas “HTTPS Everywhere” inisiatif –.

Chromplex menilai bahwa ini adalah sebuah terobosan baik jika semua layanan Google menggunakan enkripsi HTTPS, mengapa tidak, karena pada tahun sebelumnya telah terjadi pengambilalihan akun Google melalui beberapa aplikasi mobile seperti FaceSniff pada Android. Aplikasi ini dapat melakukan proses sniffing password pada beberapa layanan akun Google seperti Youtube. Proses sniffing tidak akan terjadi jika protokol dienkripsi menggunakan HTTPS.

Layanan Google akan selalu di-update sesuai dengan kebutuhan penggunanya, baik dari segi kemudahan dan keamanannya. So, gunakan layanan ini dengan sebaik-baiknya ya pembaca Chromplex 😉

Dilihat 28 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist