Prediksi yang Akan Google Umumkan pada Event 4 Oktober

oct-4-statue

Prediksi yang Akan Google Umumkan pada Event 4 OktoberEvent Google 4 Oktober tinggal 2 hari lagi, event ini merupakan event dimana Google akan mengumumkan jajaran produk hardware terbarunya. Tidak tanggung-tanggung Google membuat marketing besar-besaran dengan memasang Bilboard besar di kota New York.

4-oct-bilboard

Sementara SVP Android Hiroshi Lockheimer mengatakan dalam tweet-nya “8 tahun dari sekarang kita akan berbicara tentang 4 Oktober 2016.” Hiroshi membuat tweet ini untuk merefleksikan kenyataan bahwa 8 tahun lalu Google merilis Android versi pertama mereka.

hiroshi-lockheimer-tweet

Dengan campaign #MadeByGoogle, Google ingin mengatakan bahwa pada event ini pertama kalinya mereka akan mengumumkan perangkat yang didesain sendiri oleh mereka.

Berdasarkan rumor dan bocoran yang muncul akhir-akhir ini, kira-kira inilah beberapa prediksi yang akan Google umumkan pada event hardware pada 4 Oktober nanti

Ponsel Pixel dan Pixel XL

Berita mengenai duo Nexus terbaru telah lama dirumorkan. Perangkat dengan codename “Marlin” dan “Sailfish” ini akan mendapat sentuhan langsung dari Google. Namun bukan perangkat dengan brand Nexus yang akan dirilis, Google dikabarkan akan mengganti brand Nexus dengan Pixel. Brand baru ini untuk merefleksikan bahwa perangkat ini tidak menggandeng mitranya lagi untuk membuat ponsel flagship Google, melainkan mereka mendesainnya sendiri seperti layaknya Apple atau Samsung.

google-pixel

Dikabarkan beberapa waktu lalu, ponsel ini memang Google yang mendesain namun saat ini sedang diproduksi oleh HTC. Ponsel ini akan menggunakan bentang layar 5 dan 5,5 inci dengan teknologi AMOLED (FHD dan QHD). Sementara untuk otaknya dibekali dengan prosesor Quad Code 64 Bit, kemungkinan Snapdragon 821, RAM 4GB, dan menggunakan baterai 2270 dan 3450 mAh. Kameranya akan menggunakan sensor Sony IMX378, 12 MP pada bagian belakang dan 8 MP pada bagian depan. Storage-nya sebesar 32 GB, menggunakan Bluetooth, sensor sidik jari dan tentunya juga sensor NFC.

Dari sisi perangkat lunak akan menggunakan Android Nougat 7.1 Maintenance Release pertama. Versi mantenance pertama ini akan menyesuaikan Pixel menjadi benar-benar unik. Android 7.1 dikabarkan telah menggunakan launcher terbaru bernama Pixel Launcher yang pada dasarnya modifikasi Google Now Launcher, namun memiliki interface yang baru. Menggunakan icon baru yang berbentuk bulat dan tombol navigasi yang juga baru. Ponsel Pixel dikabarkan akan dibenderal mulai dari USD 649 atau sekitar IDR 8,4 juta.

Google Home

Google Home

Mungkin ini kamu sudah tahu, diumumkan Google pada event I/O bulan Mei lalu. Pada dasarnya ini adalah speaker Wi-Fi dengan akses ke musik di cloud, kamu dapat mengontrolnya dengan perintah suara. Mirip dengan perangkat Amazon Alexa yang telah dirilis lebih dahulu. Namun Google Home menggunakan kecerdasan buatan Google Assistant dan dukungan Google Cast.

Dengan Google Cast, pengguna dapat mengontrol Chromecast melalui Google Home. Seperti router OnHub, Google ingin kamu dapat menyesuaikan perangkat keras sesuai dengan suasana rumah kamu. Google Home akan dirlis dengan berbagai style dan pilihan warna agar cocok dengan furniture atau properti rumah kamu. Dikabarkan perangkat ini akan dibenderol dengan harga USD 129 atau sekitar IDR 1,67 juta.

Headset Daydream View

daydream

Perangkat ini juga diumumkan pada Google I/O bulan Mei lalu. Perangkat yang akan dinamakan “Daydream View” ini akan menjadi penerus dari Cardboard. Namun perangkat ini membutuhkan smartphone dengan spesifikasi khusus. Tidak hanya headset perangkat ini juga akan menggunakan kontroler khusus. Dikabarkan Google Pixel nantinya telah mendukung untuk platform VR Daydream ini.

Beberapa waktu lalu Google VR SDK telah keluar cari versi Beta, Google meminta developer yang akan mempublish aplikasi Daydream di Play Store agar ikut program Daydream Access Program (DAP) . Bisa jadi Google telah menyiapkan beberapa game yang akan diluncurkan bersamaan dengan perangkat headset Daydream View.

Google WiFi

Minggu lalu rumor ini muncul dari Android Police, bahwa Google juga berencana akan meluncurkan router minggu depan. Perangkat satu ini bukan router OnHub, namun sepertinya ini akan menjadi penerus OnHub.

Google WiFi dikabarkan akan memiliki fitur cerdas, seperti kemampuan untuk dapat otomatis mengatur jaringan mesh. Mungkin mirip dengan perangkat Eero. Menurut Android Police, Google WiFi akan dibenderol dengan harga USD 129 sama seperti Google Home. Sayangnya kita tidak tahu persis perangkat ini secara fisik, namun kabarnya bentuknya kotak dengan warna putih dengan ukuran seperti Amazon Echo Dot.

Chromecast Ultra

chromecast-ultra-4k

Perangkat yang satu ini mungkin menjadi yang paling menarik diantara perangkat hardware lain yang akan diumumkan. Dikabarkan sebelumnya Chromecst Ultra akan memiliki kemampuan untuk melakukan stream dengan resolusi 4K. Konon harganya akan lebih tinggi dibandingkan Chromecast generasi 1 dan 2 yang dihargai USD 35. Chromecast Ultra akan dibenderaol USD 69, mungkin dikarenakan hardware pada perangkat ini juga ikut di upgrade.

Andromeda?

Seperti yang diberitakan beberapa hari yang lalu, besar kemungkinan Google juga akan merilis perangkat dengan OS Andromeda. Apalagi SVP Android Hiroshi Locheimer men-tweet semacam teaser kemungkinan perangkat dengan OS ini akan dirilis.

Sebelumnya sempat dikabarkan Google sedang menguji OS hybrid Android dan Chrome OS ini pada Nexus 9 dengan bukti potongan kode sumber yang ditemukan pada AOSP (Android Open Source Project). Hal ini semakin menguatkan dugaan.

Huawei Nexus Tablet?

Berita yang satu ini mungkin agak kabur, namun rumor ini juga muncul bersamaan dengan rumor OS Andromeda. Dikabarkan Google akan merilis perangkat tablet yang dibuat Huawei dan laptop pixel dengan OS Andromeda. Hal ini sedikit masuk akan karena OS Andromeda memiliki kemampuan hybrid.

Bagaimanapun berita diatas masih sebatas rumor selama Google belum mengkonfirmasi. Namun untuk event-nya sudah dipastikan tanggal 4 oktober karena Google sudah mengirimkan sejumlah undangan kepada sejumlah besar media di AS. Prediksi diatas juga diharapkan menjadi perangkat yang akan diumumkan pada 4 Oktober mendatang. Kami menanti-nanti seperti apakah bentuk fisik dari Google Pixel. Adakah kira-kira prediksi yang belum dimasukkan? Silakan tambahkan pada kolom komentar dibawah.

Featured image: 9to5google

Dilihat 480 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist