Project Bloks : Platform Open Hardware Baru Google untuk Mengajarkan Koding pada Anak

project bloks

Project Bloks : Platform Open Hardware Baru Google untuk Mengajarkan Koding pada Anak – Google sebelumnya sudah pernah menawarkan sebuah tools untuk mengenalkan anak-anak dengan dunia pemrograman, begitu juga Apple yang memperkenalkan aplikasi Swift Playground milik mereka pada WWDC dengan ambisi yang sama.

Kali ini berkolaborasi dengan Stanford dan IDEO, Google mengumumkan sebuah project baru mereka yang membuat pembelajaran program bisa dilakukan secara fisik dan mudah untuk dimengerti. Project Bloks bertujuan untuk membuat sebuah Platform Open Hardware yang memungkinkan pengguna untuk membangun pengalaman coding secara fisik.

Google mencatat bahwa anak-anak secara alami belajar dengan menggunakan tangan mereka untuk membangun dan berkolaborasi dengan sesama mereka, jadi dengan membuat program secara fisik melalui tangible programming, akan membawa sebuah cara yang unik untuk mengkombinasikan aktivitas bermain anak-anak tersebut dan belajar dengan pemikiran komputasi.

Mendesain Hardware lebih menantang daripada membangun sebuah Software dan Google berharap bahwa Project Bloks akan menghilangkan pembatas tersebut untuk membantu para desainer, developer dan peneliti untuk fokus dengan pembuatan alat yang berguna.

Sistem dari Project Bloks ini dibuat dari tiga komponen hardware inti. Dirancang dengan menggunakan Raspberry Pi, Brain Board ini merupakan unit pemrosesan dari sistem. Project Bloks ini dilengkapi Board lainnya dengan daya, dan juga termasuk API untuk menerima dan mengirim data ke Base Board. Otak dari Project Bloks ini berkomunikasi dengan perangkat yang terhubung seperti tablet dan mainan melalui Wi-Fi atau Bluetooth dan dilengkapi sebuah speaker untuk memberikan feedback.

Puck ditempatkan di atas Base Board yang dilengkapi dengan sebuah capacitve sensor untuk membaca instruksi. Sensor tersebut menyampaikan informasi ke Brain Board dan bisa dihubungkan secara berurutan dan orientasi yang berbeda untuk menciptakan alur pemrograman yang berbeda, dan masing-masing Base Board dilengkapi dengan LED serta Haptic Motor untuk memberikan feedback.

project-bloks-2

Google telah mengembangkan sebuah perangkat referensi Coding Kit untuk menampilkan bentuk yang memungkinkan kepada desainer, developer dan peneliti. Project ini mencari partisipan yang ingin ikut ambil bagian dalam penelitian ini, jadi silahkan lihat pada website Project Bloks untuk mempelajari ini lebih lanjut.

Dilihat 134 kali

Related Posts

About The Author

Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.