Proyek Balon Internet Google dan Kedaulatan Wilayah Udara Indonesia

project loon indonesia

Proyek Balon Internet Google dan Kedaulatan Wilayah Udara Indonesia – Project Loon atau proyek balon internet milik Google dipastikan akan mengudara di Indonesia tahun ini. Masalah yang perlu diperhatikan nantinya seperti wilayah udara Indonesia yang akan dilewati oleh balon internet Google, kemudian masalah yang timbul jika terjadi apa-apa dengan balon udara milik Google. Misalnya balon tersebut jatuh dan menimpa rumah warga atau memakan korban jiwa.

Staf Khusus Bidang Riset dan Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kun Arif Cahyantoro mengatakan bahwa pemerintah dan Google sedang mangambil jalan tengah masalah ini. Jalan tengah yang dimaksud adalah Google harus menghormati kedaulatan wilayah udara Indonesia, misalnya Google mengambil foto wilayah Indonesia dari udara. Karena Google merupakan perusahaan luar, maka data tersebut harus diserahkan ke pemerintah.

Kun mengatakan kepada Viva yang ditemui di Locanda Restaurant, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Februari 2016. “Angkasa kita ini adalah kedaulatan kita, bukan milik perseorangan. Kalau kita foto gang kita sendiri tidak apa-apa, tapi karena Google merupakan pihak luar, tidak boleh, sudah ada aturannya. Pokoknya pemerintah dan Google sudah ambil jalan tengah, saling memahami yang perlu kita sama-sama ketahui”.

Mengenai masalah jika terjadi apa-apa dengan balon internet Google, Kun mengatakan Google harus membayar sejumlah asuransi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Diberitakan sebelumnya bahwa Google akan menggandeng Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata untuk membangun koneksi Internet berkecepatan tinggi berbasis LTE 4G agar dapat menghubungkan lebih dari 100 juta penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Via Viva
Dilihat 204 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist