Recap DevFest X BizFest Bali 2018

Acara Devfest yang diselenggarakan oleh GDG Bali di tahun ini dirancang dengan konsep yang berbeda. Berkolaborasi dengan acara Bizfest (acara GBG Bali) dan sesi coaching clinic adalah kuncinya. Di tulisan ini, saya akan merangkum apa saja poin-poin penting yang saya dapat ceritakan kepada para pembaca dan semoga bermanfaat.

Peran Perempuan dalam Dunia Pemrograman

Ki – ka: Ratri, Melifa, Adrin, Gita

Sesi ini melibatkan tiga perempuan yang terlibat dalam dunia pemrograman yakni Melifa, Adrin dan Gita. Sesi ini dimoderatori oleh Ratri Priyanggono (GBG Bali Manager) yang juga merupakan seorang programmer. Ada tiga hal yang saya anggap menarik untuk dibahas.

Pertama, mereka terjun ke dunia pemrograman bukan karena pilihan utama. Ada yang ingin terjun ke dunia desain, kedokteran, dan masih belum menentukan pilihannya. Namun, bukan berarti menjadi pilihan utama tidak menyurutkan niat mereka untuk terjun ke dalam dunia pemrograman. Ketiganya kompak menjawab semakin suka dengan dunia pemrograman ketika semester akhir di bangku kuliah.

Kedua, ketika dalam pembagian kerja, salah satu dari mereka mengatakan bahwa keterlibatannya dalam hal teknis sedikit sekali, salah satunya yakni membuat fitur profil pengguna. Padahal dari yang bersangkutan ingin mencoba tantangan baru.

Ketiga, perlu pendekatan yang persuasif agar perempuan mau terlibat dalam dunia berkomunitas dan tidak memandang remeh perempuan dari segi ilmu dan hal-hal lainnya. Melifa, Adrin dan Gita sepakat bahwa berkomunitas merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk meningkatkan kemampuan pemrograman dan kemampuan bersosialisasi.

Cara Menikmati dan Berkontribusi di Dunia Open Source

Prabu memaparkan tipe kontribusi di dunia open source

Beberapa yang terjun ke dunia pemrograman beranggapan bahwa berkontribusi dalam dunia open source (sumber terbuka) harus berupa koding. Padahal nyatanya tidak demikian. Kita bisa berkontribusi ke dunia open source melalui tulisan, video, podcast, perbaikan dokumentasi di project open source, datang ke meetup atau workshop dan bahkan menjadi pembicara di sebuah meetup. Di sesi ini, Prabu memberikan penjelasan tersebut dan mengenalkan media-media pemrograman di Indonesia.

Podcast: Dev. Muslim Podcast dan Ceritanya Developer

Tempat belajar pemrograman berbahasa Indonesia: Web Programming UNPAS, SekolahKoding

Grup Diskusi: Daftar grup pemrograman Indonesia di Telegram

Apa yang Terbaru di Web?

Yohan menjelaskan tidak ada kanibalisme antara web dan mobile

Jika kalian belum menonton Chrome Dev. Summit (CDS 2018), di sesi ini Yohan dari Dev. Relation tim Chrome menceritakan hal-hal apa saja yang didapatkan dari CDS dan bisa diimplementasikan di Indonesia. Hal-hal tersebut meliputi:

  1. Dampak positif yang didapatkan Spotify menggunakan web progresif (PWA)
  2. Situs belajar dan mengukur nilai web yakni web.dev
  3. Squoosh.app, situs untuk mengkompresi gambar yang menggunakan teknologi web assembly dan web components
  4. Web packaging, fitur untuk membuat web dalam bentuk bundle. Hal ini berguna bagi developer yang memakai AMP, dengan begitu kata “amp” di web kalian akan hilang dengan bantuan web packaging.

Jika Anda ingin membaca detilnya bisa berkunjung ke Medium WWWID.

Peran Penting Google Business Group

Faye mengenalkan peran penting GBG

Membantu wirausaha dengan teknologi Google merupakan salah satu misi dibentuk dalam komunitas bernama Google Business Group (GBG). Di sesi ini Faye yang mewakili komunitas GBG Bali menjelaskan maksud dari Google Business Group, misi, target dan program-program yang dijalankan di Google Business Group. Faye memaparkan kompetisi tahunan GBG yakni GBG Stories yang mana di tahun 2017, terdapat 450 bisnis yang mengikuti dan Indonesia memperoleh peringkat pertama (Riliv) dan kedua (Reblood).

Mengenal Cara Kerja Google Search dan Fitur-fitur Baru Google Search

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten atau produk oleh Amu

Ketika kita mempublikasi website kita di internet, tidak seketika itu pula langsung akan muncul di halaman pertama Google Search. Di sesi ini Amu dari Google Search Advocate menjelaskan bahwa ada tahapan-tahapan meliputi crawling, indexing dengan algoritma yang dibuat oleh Google Search. Amu menyarankan agar konten atau produk yang dibuat dalam website tetap berfokus pada pengguna dan bukan search engine.

Selain itu Amu juga mengenalkan beragam fitur baru di Google Search meliputi search console dan mobile friendly test. Untuk link terkait tertera di bawah:

Peran Penting Google Analytics di Kalangan Bisnis

Ratri memaparkan peran penting Google Analytics

Jika kita mempunyai situs e-commerce, kita bisa memantau berapa jumlah pengguna yang menekan tombol “add to cart”, “checkout”, asal negara pengguna dan lain – lain. Hal ini disampaikan oleh Ratri (GBG Bali Manager) di sesi peran penting Google Analytics bagi kalangan bisnis. Dengan Google Analytics kita dapat mengumpulkan dan menyimpan data serta membuat laporan bagi atasan kita.

Sesi Coaching Clinic

Wahyu mengenalkan sesi coaching clinic

Di sesi terakhir ini, Wahyu Budi memaparkan tentang Coaching Clinic dan dengan kehadiran sesi ini dapat membantu siapapun yang memiliki kendala seputar hal teknis (pemrograman) dan bisnis.

Sesi coaching bisnis
Sesi coaching pemrograman

Sekian rekap DevFest dan BizFest GDGBali 2018. Semoga bermanfaat.

DevFest x Bizfest Bali
DevFest x Bizfest Bali
Dilihat 297 kali

Related Posts

About The Author