Rekap 5 Pengumuman Penting pada Event Google 4 Oktober

made-by-google

Rekap 5 Pengumuman Penting pada Event Google 4 Oktober – Pada event hari ini Google mengumumkan beberapa perangkat keras yang diperkuat dengan perangkat lunak unggulan. Google memulai acara dengan mengumumkan perangkat smartphone Pixel, setelah beberapa minggu muncul rumor dan beberapa bocoran. Google sekarang mulai fokus pada perangkat lunak, terutama perangkat lunak baru Google Assistant yang membuat smartphone Pixel dan Google Home menjadi powerful.

Google juga memamerkan headset VR Daydream pertama yang dibalut dengan kain yang lembut dan nyaman. Selain itu Google juga mengumumkan Chromecast Ultra dengan kemampuan 4K, router wifi modular, dan Google Home yang bersaing langsung Amazon Echo. Berikut 5 rekap pengumuman penting pada event hari ini.

Google Pixel dan Pixel XL

Satu minggu sebelum Google Pixel diumumkan, telah banyak bocoran yang muncul di internet dan dibahas dibanyak media teknologi. Akhirnya pada 4 Oktober Google meluncurkan seperti apa yang kita harapkan yaitu smartphone Pixel dan Pixel XL. Keduanya memiliki desain yang mirip namun hanya dibedakan dari ukuran layar. Google Pixel menggunakan layar 5 inci dengan resoluasi 1080p dan versi XL menggunakan layar 5,5 inci dengan resolusi Quad HD. Keduanya menggunakan prosesor paling baru yaitu Snapdragon 821, RAM 4GB dan untuk penyimpanan 32 GB atau 128 GB.

Google sudah menyematkan sensor sidik jari pada bagian belakang dan keduanya menjalankan versi khusus dari perangkat lunak Android, seperti dukungan headset virtual reality Daydream dan perangkat lunak baru Google Assistant. Assistant baru Google ini menjadi bagian penting dari Pixel. Perusahaan raksasa penelusuran ini meluangkan banyak waktu untuk mendemonstrasikan apa yang bisa dilakukan Assistant, mulai dari menjawab permintaan reservasi restoran sampai meminta untuk memutar musik.

Google telah berfokus pada fotografi. Berdasarkan score dari DXOMark, kamera pada Pixel mendapat score 89, score tertinggi dari semua smartphone saat ini. Google juga menawarkan penyimpanan gratis tanpa batas untuk pemilik Pixel, jadi kamu dapat menimpan video dan foto dengan resolusi tinggi di Google Photos. Kedua perangkat Pixel juga telah menggunakan rilis terbaru Android Nougat dan update-nya akan tersedia segera. Pixel di banderol mulai dari USD 649 dan sudah bisa dipesan untuk pengguna di AS, Australia, Kanada, Jerman, Inggis. Sementara di India bisa mulai dipesan tanggal 13 Oktober. Sayangnya tidak ada informasi kapan smartphone ini akan masuk ke Indonesia.

Daydream View

Google meluncurkan headset virtual reality pertamanya Daydream View hari ini. Headset ini telah support untuk smartphone dengan label Daydream Ready. Google membuat headset ini agar “lembut dan nyaman” karena menggunakan kain seperti yang ditemukan pada pakaian. Google telah bekerja sama dengan desainer pakaian untuk menyempurnakan desainnya, selain kain headset VR ini tampak seperti headset VR lainnya. Headset ini dilengkapi juga dengan kontroler, Google telah menyiapkan tempat khusus dibalik headset dengan tujuan agar kontroler tidak mudah hilang ketika selesai dipakai.

Seperti Pixel yang baru diungkap, Google telah menghabiskan banyak waktu berfokus pada perangkat lunak di Daydream view. Sehingga konten yang tersedia untuk headset ini sudah cukup banyak, seperti Google Street View, video 360 di YouTube dan Google Photos yang dapat dikendalikan dari kontroler. Tentu saja kamu juga dapat menonton video 360 dengan aplikasi YouTube dan menjelajah jalanan dengan mengklik tombol pada kontroler. Daydream View berserta perlengkapan kontrolernya akan mulai dipasarkan di AS pada bulan November dan akan dibenderol dengan harga USD 79.

Chromecast Ultra

Chromecast kini mendapat upgrade dan diberi nama Ultra, versi baru dari Chromecast ini telah mendukung HDR (High Dynamic Range), Dolby Vision, konten dengan resolusi 4K. Pada dasarnya versi Ultra sebagian besar persis seperti pendahulunya mirip seperti Disk yang dapat dipasang di belakang TV. Tetapi sekarang Chromecast Ultra telah dibekali dengan port Ethernet yang terintegrasi dengan power adapter. Harganya pun sedikit lebih mahal dibandingkan pendahulunya yaitu USD 69, dikarenakan hardware yang juga mendapat upgrade.

Perangkat ini sudah bisa dipesan untuk konsumen di AS pada bulan November dan akan dikirim pada bulan Desember. Satu lagi Google Play Movies juga akan mulai bisa melakukan streaming konten dengan resolusi 4K pada bulan November.

Google Wifi

Setelah tahun lalu Google bermitra untuk membuat router bernama OnHub, Google kini membuat router-nya sendiri. Sistem baru, dengan sederhana disebut Google Wifi. Router ini menggunakan jaringan multipoint yang mirip dengan perangkat Eero. Kamu dapat menempatkan beberapa modular diseluruh rumah kamu untuk cakupan maksimum, sistem ini akan mengelola koneksi kamu saat kamu bergerak disekitar rumah, sistem ini juga akan mengoptimalkan router dimana kamu sedang terkoneksi.

Kamu juga dapat secara aktif mengelola jaringan melalui aplikasi yang sudah disediakan. Dalam demonya Google memperlihatkan seorang ibu yang mem-pause (jeda) koneksi internet ketika anak-anaknya sedang berinternet agar makan bersama terlebih dahulu. 1 buah router dihargai USD 129, sementara jika tiga buah dihargai USD 299. Pemesanan sudah bisa dimulai bulan November untuk pasar AS dan akan dikirim pada bulan Desember.

Google Home

Google mengumumkan smart home assistant pada event I/O bulan Mei yang lalu, tetapi hari ini Google Home akhirnya punya label harga dan tanggal rilis. Google Home akan tersedia pada tanggal 4 November dan untuk membawanya pulang harus ditebus seharga USD 129 dan jika membeli tiga paket akan dikenakan USD 299. Tentu saja untuk rilis pertama baru akan tersedia untuk pasar AS.

Pengumuman Google Home ini seperti melakukan shot dengan sengaja untuk perangkat serupa dengan fitur yang hampir mirip yaitu Amazon Echo yang harganya sedikit mahal USD 179. Menarik untuk dilihat, perangkat smart home assistant manakah yang akan merebut hati konsumen. Google Home didesain agar dapat bekerja dengan beberapa unit Google Home dalam satu rumah den mendukung untuk beberapa akun Google. Google juga menawarkan trial gratis selama 6 bulan untuk YouTube Red.

Dari semua perangkat yang dirilis, manakah perangkat yang kamu inginkan hadir di Indonesia? Berikan pendapat kamu dikolom komentar dibawah ini

Dilihat 225 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist