Review Google Keyboard Versi 5.0, Apa Saja Fitur Barunya?

Review Google Keyboard Versi 5.0 – Google baru saya merilis Google Keyboard versi 5.0. Selain perbaikan dan beberapa peningkatan, versi terbaru ini juga membawa banyak fitur baru. Mari kita lihat apa saja fitur terbarunya.

Saat pertama kali dibuka, Google akan meminta kamu untuk mengirimkan beberapa snippets atau potongan dari input secara acak dengan tujuan untuk membantu Google meningkatkan keyboard pada rilis selanjutnya. Kamu akan ditanya apakah kamu ungin manjadi bagian dari project ini. Kamu bebas memilih untuk ikut atau tidak, jika terlanjur memilihnya kamu bisa mengubahnya pada menu Preferences di Settings > Language & input > Google Keyboard > Preferences.

Fitur terbaru yang pertama adalah mode one handed atau satu tangan. Fitur ini sangat bermanfaat jika salah satu tangan kamu lagi sibuk dengan yang lain sementara kamu harus membalas pesan. Fitur ini bisa kamu aktifkan di menu Preference atau dengan cara yang lebih cepat yaitu dengan menekan tombol koma beberapa detik.

Setelah mode one handed diaktifkan, kamu mengubah mode one hand ke sebelah kiri atau kanan dengan menekan tombol anak panah. Namun jika kamu tidak ingin menggunakan mode one hand lagi, kamu cukup menekan tombol full screen diatas tombol anak panah.

Sekarang kamu juga bisa menyesuaikan ketinggian keyboard kamu. Tentu saja ini sangat bermanfaat untuk tangan kamu yang kecil dan agak susah menjangkau huruf pada keyboard, begitu juga sebaliknya. Pengaturan ini dapat kamu lihat di menu Preferences pada bagian Keyboard height.

Selain itu Google juga menambahkan emoji yang paling sering digunakan pengguna diatas tombol angka. Tujuannya agar pengguna lebih cepat menemukan emoji yang sering dipakai.

Adalagi fitur tersembunyi yang kami temukan di versi ini. Sekarang kamu dapat menghapus banyak kata sekaligus dengan menekan dan menahan tombol delete kemudian swipe ke kiri. Sekarang kamu juga bisa menggesek tombol spasi ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan kursor. Sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki jari besar. Dan jika Google Keybaord membuat suggestion atau saran kata yang tidak kamu inginkan, kamu bisa menekan agak lama untuk kata tersebut untuk menghapusnya ke tempat sampah.

Fitur pengetikan gesture juga mendapatkan pengingkatan, suggestion atau saran kata akan muncul diatas keyboard. Pengalaman kami menggunakan Bahasa Indonesia benar benar sangat membantu untuk mengetik lebih cepat. Hanya saja jika kamu menggunakan bahasa gaul atau bahasa daerah mungkin akan kesulitan. Namun Google Keyboard bisa menyimpan kata yang sering kamu ketik.

Google Keyboard versi 5 ini seharusnya sudah keluar di Play Store, jika kamu belum mandapat update kamu bisa mengunduhnya di APK Mirror berikut.

" Anna Erdiawan : @erdie1one From developer, become tech journalist."
Disqus Comments Loading...