Samsung Resmi Rilis Chromebook Plus dan Pro dengan Built-in Google Play Store

samsung-chromebook-pro

Samsung Resmi Rilis Chromebook Plus dan Pro – Samsung hari ini mengkonfirmasi rumor sebelumnya mengenai rencana mereka untuk merilis jajaran Chromebook terbaru pada event CES 2017. Samsung Chromebook Pro dan Chromebook Plus akan menjadi perangkat Chrome OS pertama yang telah mampu menjalankan aplikasi Android dan secara default telah memasang Google Play Store.

Perbedaan antara Chromebook Pro dan Chromebook Plus hanya dari sisi dapur pacunya. Chromebook Pro menggunakan prosesor Intel Core m3 sementara Chromebook Plus menggunakan prosesor berbasis ARM OP1 hexa core. Keduanya sama-sama mengusung layar beresolusi 2400×1600 dengan engsel yang dapat diputar 360 derajat, dan keduanya menggunakan RAM 4 GB dan media penyimpanannya sebesar 32 GB tanpa ada opsi penyimpanan lain. Sementara dari sisi input, Samsung telah menyematkan port terbaru USB type C. Menariknya Samsung menyediakan stylus agar dapat digunakan selayaknya tablet. Untuk mendukung fungsi pen tersebut Samsung telah menyediakan aplikasi Google Keep dan Samsung ArtCanvas yang ter-install secara langsung.

Dengan terpasangnya Google Play Store secara default (walaupun masih beta), mungkin ini yang menjadi fitur terbesar dalam Chromebook ini. Google sejauh ini hanya memperbaharui beberapa jenis Chromebook yang mampu menjalankan aplikasi Android melalui update Chrome OS sejak pertengahan 2016. Mudah-mudahan kita akan melihat lebih banyak Chromebook yang mendukung aplikasi Android. Yang paling penting mudah-mudahan akan lebih banyak Chromebook yang akan masuk ke Indonesia, mengingat Samsung memiliki pabrik di Indonesia. Setidaknya ini sudah bisa memenuhi TKDN yang diminta pemerintah Indonesia.

Samsung Chromebook Plus akan hadir dipasaran AS pada bulan Februari dengan harga USD 449. Sementara Chromebook Plus belum ada tanggal resmi, Samsung hanya memperlihatkan timeline sekitar musim semi 2017. Begitupun mengenai harga untuk Chromebook Pro ini, Samsung belum mengungkapnya.

Dilihat 943 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist