Security Panel Fitur Baru Chrome DevTools untuk Mengembangkan Halaman HTTPS

Security Panel

Security Panel Fitur Baru Chrome DevTools untuk Mengembangkan Halaman HTTPS – Google merilis Chrome versi 48 minggu lalu ternyata Google menambah fitur DevTools baru untuk developer. Sekarang developer dapat dengan mudah menemukan dan memperbaiki masalah yang timbul dari website mereka. Security Panel, fitur baru Chrome DevTools ini dapat membantu developer web mengembangkan halaman HTTPS dengan cukup mudah. Developer dapat melihat informasi koneksi dari setiap network request dan menunjukkan indikator berupa icon apakah koneksi tersebut aman.

Security Panel

Developer akan dapat melihat gambaran dari setiap halaman web tertentu. Halaman yang aman akan ditunjukkan dengan icon berupa icon gembok berwarna hijau atau berupa dot berwarna hijau. Jika halaman tersebut tidak aman akan muncul icon berbentuk segitiga berwarna kuning / oranye dan akan menampilkan informasi yang menunjukkan kenapa halaman tertentu digolongkan sebagai tidak aman. Tampilan tersebut memberikan informasi tentang:

  • Verifikasi sertifikat, menunjukkan apakah situs kamu telah membuktikan identitasnya dengan sertifikat TLS.
    Koneksi TLS, yang menunjukkan apakah situs kamu menggunakan protokol aman modern dan ciphersuite.
  • Keamanan Subresource, menunjukkan apakah situs kamu memuat subresources HTTP yang tidak aman (atau dikenal sebagai konten campuran (mixed content).
  • Selain dapat melakukan debugging koneksi TLS tidak aman, kamu juga dapat dengan mudah memeriksa keadaan subresources kamu. Dengan mengklik bagian subresource memberi kamu informasi mendalam tentang keadaan keamanan koneksi yang diberikan, serta rincian tentang sertifikat nya.

Security Panel Certificate Information

Google meluncurkan Security Panel baru untuk menggantikan tab lama ‘Connection Info’. Google mengatakan terlalu rumit bagi sebagian besar pengguna, tapi terlalu dasar bagi kebanyakan developer. Itu membuat tidak jelas apa yang menyebabkan sebuah situs atau halaman ditunjukkan sebagai tidak aman.

Security Panel pada awalnya ditampilkan pada acara Chrome Dev Summit lalu, di mana Emily Stark, seorang engineer perangkat lunak Google memamerkan tools baru ini secara rinci,

Via Chromium Blog

Dilihat 133 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist