Sekarang Aplikasi Android Bisa Dijalankan di Asus Chromebook Flip

Asus Chromebook Flip

Sekarang Aplikasi Android Bisa Dijalankan di Asus Chromebook Flip – Diumumkan pada Google I/O, aplikasi Android dan Play Store sekarang resmi hadir untuk Chromebook. Chrome OS versi 53 telah keluar untuk semua perangkat di channel developer, tetapi Play Store hanya muncul di Chromebook Asus Flip.  Francois Beaufort mengatakan untuk perangkat lainnya juga akan segera hadir. Diawal awal banyak pengguna yang melaporkan bug, tetapi reaksi dari pengguna umumnya positif dengan peningkatan performa Android yang diinstall melalui ARC Welder.

Acer Chromebook dan Chromebook Pixel 2015 lebih awal sudah menjalankan Chrome OS 53, namun Play Store tidak muncul di App Launcher, juga tidak ada opsi untuk mengaktifkan aplikasi Android pada pengaturan. Nah pada Asus Flip, laptop ini menjadi yang pertama dengan fitur Play Store. Daftar lengkap Chromebook yang akan mendukung aplikasi Android akhir tahun ini silakan kamu lihat disini.

Menariknya, Chromebook diperlakukan seperti tablet yang menjalankan Android 6.0.1 dan aplikasi yang didesain hanya untuk smartphone tidak bisa di download. Salah satu pengguna melaporkan berhasil men-download Real Racing 3, namun tidak bisa lanjut untuk memainkannya karena muncul pesan di layar “Tilt your device left ti steer“, mengisyaratkan masalah ini berhubungan dengan accelerometer. Game seperti Crossy Road dan Alto’s Adventure dikabarkan mampu berjalan dengan baik.

Kesalahan yang biasa terlihat ketika aplikasi diinstall via ARC Welder sudah hilang, dengan performance yang jauh lebih baik. Sejauh ini, aplikasi seperti Instagram tidak bisa dibuka. Semantara Snapchat masih memiliki banyak bug, pengguna tidak bisa membuat post atau melihat stories.

chrome-os-53-chromebook-android-apps
Play Store on Chromebook (Credit: NeoOfTheDark)

Chrome OS pada channel developer dianggap belum stabil dan Google sudah memperingatkan bahwa versi developer tidak cocok untuk digunakan sebagai perangkat utama karena kemungkinan aplikasi berjalan tidak semestinya. Mungkin lebih baik untuk menunggu versi beta-nya sekitar enam minggu lagi.

Dilihat 716 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist