Sekarang Mencari Berkas di Google Drive Lebih Mudah dan Lebih Cepat

Google Drive New Search

Sekarang Mencari Berkas di Google Drive Lebih Mudah dan Lebih Cepat – Secara default penyimpanan pada Google Drive adalah 15 GB untuk yang free. Storage sebesar itu lumayan besar kalau hanya menyimpan berupa berkas dokumen. Bayangkan berkas yang disimpan semakin banyak, kamu lupa meletakkan di folder mana berkas yang kamu simpan. Google baru saja meningkatkan kemampuan pencarian pada Google Drive agar pengguna lebih mudah dan lebih cepat dalam mencari berkas.

Dikutip dari halaman blog resmi Google Drive berikut pembaharuan Google Drive:

  • Kamu dapat langsung memilih langsung format atau ekstensi berkas, misalnya PDF. Sehingga pada pencarian akan muncul semua berkas PDF.
  • Jika berkas yang kamu cari tidak ketemu, kamu bisa mencoba advance search untuk pencarian yang lebih spesifik pada bagian More search tools.
  • Sekarang Google Drive untuk iOS telah mendukung 3D Touch. Kamu dapat mengakses langsung menu Recent Files atau Search Drive.
  • Pengguna iOS juga dapat mencari berkas langsung melalui bar pencarian iOS tanpa harus membuka aplikasi Google Drive.

Steen Andersson, Group Product Manager dari Google Drive dalam blog resmi Google Drive mengatakan bahwa dibalik layar Google Drive telah ditingkatkan agar memberikan query pencarian dengan hasil yang lebih baik daripada yang mereka lakukan sebelumnya. Untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik siapapun dapat melakukan hal berikut:

  • Mencari berkas yang dishare oleh pemilik berkas cukup dengan mengetikkan nama atau alamat email.
  • Gunakan fasilitas advance search seperti kapan tanggal berkas telah dimodifikasi, keyword yang mengandung kata tertentu.

Google mengatakan fitur pencarian baru ini akan diperbaharui beberapa minggu mendatang.

(ae/googledriveblog)

 

Dilihat 2,302 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist