Si Udin: Puzzle 5 Dasar, Game Rasa Guitar Hero dengan Kearifan Lokal

Si Udin Puzzle 5 Dasar Game Rasa Guitar Hero dengan Kearifan Lokal – Terkenal dengan game ber-genre puzzle yang seringkali membuat kita sering garuk-garuk kepala, kali ini Kardus Imajinasi (kreator Tebak Gambar dan Matching Images) berkolaborasi dengan Komik populer membuat sebuah mahakarya baru mereka yang diberi nama “Si Udin : Puzzle5Dasar”. Game karya anak bangsa ini rilis di awal September 2016. Lalu kenapa dengan si Udin? Siapakah karakter Udin yang jadi maskot game ini?

Lahirnya Karakter Si Udin

Ternyata karakter si Udin ini berawal dari sebuah stiker di platform Line pada tahun 2014 yang sempat booming dengan total unduh mencapai 120.000. Karakter Si Udin ini digambarkan sebagai seorang anak SD yang nakal, namun banyak akal.

Line Sticker Si Udin

Seiring dengan kesuksesannya menghibur pengguna di Line. sang kreator dari karakter Si Udin yang bernama Niksen tidak puas begitu saja dan menggarap Si Udin dalam bentuk komik strip melalui media sosial pada tahun 2015. Keseluruhan konten yang diilustrasikan dalam komik strip Si Udin bercerita tentang isu sehari-hari. Selain itu Si Udin juga merambah di platform lainnya seperti Instagram, Webtoon dan social media lainnya.

Komik Si Udin

Animo dari penggemar yang jumlahnya tidak bisa diremehkan tersebut membuat sang creator Si Udin memutuskan bekerjasama dengan Irwanto Widyatri dan Allen sebagai developer game Tebak Gambar, juga Fendy sebagai developer game Puzzle House untuk menciptakan sebuah game puzzle dengan karakter Si Udin di perangkat mobile. Dari kolaborasi yang dilakukan tersebut akhirnya membuahkan apa yang akan kita ulas berikut ini.

Gameplay Game Si Udin: Puzzle 5 Dasar

Ketika baru membuka aplikasi ini, pemain akan disuguhkan dengan opening yang menampilkan maskot utama kita yaitu Si Udin. Game ini menawarkan tampilan yang user friendly karena mudah digunakan dan ringan untuk dimainkan. Pemain bisa memilih berbagai mode game yang disediakan, misalkan nama hewan, nama buah, benda di rumah dan lainnya. Fitur login yang terdapat pada game ini menggunakan Gamer ID dari Google Play Games dan juga login melalui Facebook untuk mendapatkan koin yang merupakan nilai tukar di dalam game.

Sebelum memulai permainan, kamu bisa melihat kalimat pembuka yang isinya adalah pengenalan tentang stage yang akan dimainkan. Misalkan ketika memilih game tentang nama hewan, maka sebelum kamu menekan tombol start, kamu akan disuguhkan dengan sebuah kalimat pembuka.

Objektif dari game ini cukup simple karena pemain hanya diminta untuk merangkai huruf-huruf yang muncul menjadi sebuah kata dengan cara tap pada tile kotak huruf yang tersedia secara berurutan. Seiring dengan progress yang dicapai, kecepatan dari tile yang muncul semakin meningkat, oleh karena itu kamu harus tetap fokus agar tidak melewatkan tile huruf tersebut. Jika kamu melewatkan sebuah tile, maka kesalahan tersebut dihitung sebagai game over. Namun jangan khawatir, game ini tidak begitu saja mengakhiri kesenangan most valuable player-nya. Pada game ini kamu bisa menggunakan koin yang sudah didapatkan sebelumnya untuk kembali ke save point terakhir. Selain menawarkan dalam bentuk koin, aplikasi ini juga sesekali menawarkan pemain untuk menonton ads yang ada dalam game ini.

Pada setiap stage terdapat total kata yang harus diselesaikan untuk mencapai achievement tertentu. Misalkan jika kamu berhasil menyelesaikan 20 dari 50 kata, maka kamu akan mendapatkan 2 bintang, dan ketika kamu berhasil menyelesaikan 50 dari 50 kata yang ada, maka kamu akan mendapatkan 3 bintang atau sempurna. Pemain harus menaikkan level untuk bisa membuka level yang lebih tinggi. Level cap yang di set di dalam game ini adalah level 10.

Walaupun default-nya game ini bisa merekam progress yang sudah kita capai di Leaderboard, pemain juga bisa membagikan skor yang sudah ia peroleh melalui social media seperti twitter, dan facebook. Terakhir pada halaman setting, kamu bisa menemukan opsi untuk menghidupkan atau mematikan music yang ada di dalam game beserta link untuk menuju akun official Si Udin.

Main Menu
Select Stage
Gameplay 1
Gameplay 2
Game Over
Stage Clear
Level Up
Settings

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa game ini menarik dan memiliki kesan simple dan cukup membuat addicted karena yang dibutuhkan adalah penglihatan yang jeli untuk bisa mengamati setiap tile dan kelihaian jari dalam tap tile dari kata yang muncul. Game ini sudah tersedia di platform Android maupun iOS dan kamu mesti mencobanya.

Aulia Zikri Rahman: @aulia_zikri Game dan app reviewer, kontributor nyeleneh yang kadang juga nulis.
Disqus Comments Loading...