Menjajal SMS Melalui Desktop PC Menggunakan Android Messages

Android Messages

Sekitar 2 bulan lalu Google sempat memperlihatkan preview versi web dari Android Messages. Kini Android Messages mirip dengan rivalnya Apple iMessages. Namun ada yang membedakan, jika iMessage menggunakan jaringan internet untuk mengirim data sedangkan Android Messages menggunakan jaringan seluler dengan teknologi yang disebut RCS (Rich Communication Service).

Berkat RCS inilah SMS menjadi lebih interaktif tidak hanya mampu mengirim dan menerima pesan teks. Layaknya seperti aplikasi chat kamu bisa mengirim gambar, GPS, emoji bahkan sticker melalui teknologi RCS ini. Kabarnya beberapa operator di Indonesia telah mendukung teknologi RCS ini.

Seperti yang dijanjikan Google 2 bulan lalu, sekarang kamu bisa mengakses SMS kamu melalui web di Desktop PC. Namun kamu harus menggunakan aplikasi Android Messages sebagai aplikasi default di HP kamu. Aplikasi Android Messages bisa diunduh di Play Store.

Agar Android Messages di smartphone dan web di desktop PC dapat terhubung, keduanya tetap membutuhkan akses internet.

Cara menggunakan Android Messages di web desktop PC persis seperti menggunakan WhatsApp di web. Buka aplikasi Android Messages kemudian ketuk tombol more di sudut kanan atas dan pilih Messages for Web.

Kamu akan diminta untuk membuka halaman messages.android.com di desktop PC. Kemudian ketuk “Scan QR code”.

Kemudian arahkan kamera ke QR code yang ada di desktop PC.

Android Messages Web

Sekarang kamu bisa mengirim maupun menerima SMS melalui dekstop PC.Android Messages Web

Sebagai catatan, karena di Indonesia teknologi RCS belum sepenuhnya mendukung. Jadi beban biaya akan dihitung sebagai SMS dan jika kamu mengirim gambar akan dihitung sebagai MMS.

Kita tunggu saja teknologi RCS ini sepenuhnya di terapkan di Indonesia. Yang harus dipertimbangkan operator ialah biayanya yang mungkin tidak bisa disamakan dengan SMS yang terbilang masih cukup mahal dibandingkan dengan harga paket data.

Menurut kamu bagaimana? Yuk berikan pendapat kamu di bawah.

Dilihat 521 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist