Start on Android, Program Google untuk Startup dan Developer Aplikasi Mobile Kini Rambah Indonesia

Start on Android

Mungkin tidak jarang bermula dari developer membuat 1 aplikasi atau game di Android yang kemudian sukses di Play Store berkembang menjadi sebuah Startup rintisan.

Setiap developer tentu mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi lebih berkembang. Google sendiri sejak tahun lalu mempunyai program yang dinamakan “Start on Android” yang telah berjalan secara global. Salah satu Startup dari Indonesia yang memiliki target pasar di Asia Tenggara yaitu Kredivo telah mengikuti program Start on Android.

Dikutip dari blog Google Indonesia, Honey Mittal, Chief Product Officer dari FinAccel, mengatakan bahwa aplikasi mereka, Kredivo, telah diterima dalam program Start on Android pada akhir tahun 2017. Saat ini, Kredivo telah “mendapatkan akses berharga terhadap berbagai sumber daya Android, saran dan bimbingan atas berbagai topik mulai dari Material Design, praktik terbaik di negara-negara berkembang dan sejumlah ajang eksklusif untuk komunitas developer.”

“Kami mengakhiri tahun 2017 dengan penghargaan fitur terbaik dan Google Play Best App 2017 yang tidak memungkinkan bagi kami tanpa adanya program Start on Android ini. Kami menantikan semakin kuatnya kemitraan ini, dan untuk dapat meluncurkan produk-produk kualitas terbaik dengan Android dan Google Play di tahun 2018.” tambahnya.

Statista mencatat bahwa sejak tahun 2009 sampai akhir tahun 2017 aplikasi di Play Store telah mencapai 3,5 juta aplikasi. Tentu kompetisi aplikasi kamu untuk lebih menonjol di Play Store menjadi semakin besar. Pada program Start on Android ini, startup atau developer yang terpilih akan mendapatkan pelatihan, bimbingan dan sumber daya di Google. Hal ini akan membantu aplikasi kamu data tumbuh dan meraih sukses di Play Store.

Selain itu benefit yang akan kamu dapatkan seperti

  1. Akses ke fasilitas Google seperti Spark Package Google Cloud Platform yang mencakup $20.000 dalam bentuk kredit Google Cloud dan Firebase, gratis 12 bulan G Suite untuk maksimal 10 karyawan, dan insentif finansial lainnya.
  2. Kesempatan untuk berpartisipasi dalam Google Play serta program tim Google lainnya dan event spesial seperti Google Cloud PlatformGoogle for Entrepreneurs, dan Launchpad.

Jika kamu memiliki aplikasi atau game yang memiliki potensi untuk berkembang lebih besar. Kamu harus mengikuti program ini. Kamu bisa mendaftar di SINI. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini kamu bisa mengunjungi halaman Start on Android

Dilihat 1,444 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist