Memahami Struktur Pengembangan Sistem Android

model view presenter pattern

model view presenter pattern

Makin banyak aplikasi di market place dan makin banyak pencipta aplikasi (developer) bermunculan. Aplikasi yang dapat menciptakan sistem yang dibutuhkan manusia merupakan aplikasi yang akan selalu digunakan. Market place yang memiliki jumlah lebih dari 1 juta aplikasi yaitu playstore. Pertama kali muncul android di tahun 2002 playstore langsung memiliki jumlah aplikasi lebih dari 10.000 dalam 3 bulan, itu disebabkan karena banyak developer yang mengembangkan aplikasi mereka.

Android merupakan sistem operasi mobile berlisensi terbuka. Dengan mengandalkan bahasa java programming dan beberapa struktur tampilan menggunakan xml. Sehingga lebih sering dikenal dengan struktur MVC. Tetapi di android kita dapat menggunakan struktur yang disarankan agar aplikasi memilki performa maksimal, Model,View, Presenter pattern (MVP).

MVP

Process yang dimulai dari view dan diolah di oncreate dijalankan dengan membaca view dari xml.  Diagram diatas mungkin sulit dipahami, beberapa yang dapat di ceritakan dalam bahasa lebih sederhana. Ada user-X bangkit dari tidurnya di pagi hari, user-X membuatkan cucimuka, sikat gigi, gadget dan sebagainya yang disimpan pada tempat tertentu. Ambil satu sample user-X ingin sikat gigi, user-X datang ke kamar mandi mengambil sikat gigi dan bahan pemberih lainnya. Setelah selesai sikat gigi user-X mendapatkan hasil dengan gigi yang bersih dan mengurangi bau mulut. Dari penjelasan tersebut user-X (view), sikat gigi (present pattern) ,tempat melakukan sikat gigi (view model).

Sampai disini dengan penjelasan strukturnya, artikel selanjutnya ada struktur yang disarankan google setelah google IO 2015 kemarin. Sampai ketemu di artikel selanjutnya

Artikel Selanjutnya : Memahami Struktur Pengembangan Sistem Android [Bagian 2]

Dilihat 1,333 kali

Related Posts

About The Author

Spesialis dokter bedah robot Android, inisiator Code Android Indonesia dan part time gamer :)