Sundar Pichai Menjadi CEO Google dan Apa itu Alphabet?

Alphabet

Dikutip dari blog resmi Google, bahwa Google membangun perusahaan baru yang diberi nama Alphabet. Apa itu Alphabet? Apakah salah satu perusahaan dibawah Google? Tidak, justru sebaliknya. Alphabet adalah perusahaan induk yang manjadi payung bagi semua perusahaan dibawahnya termasuk Google.

Google akan fokus dengan produk mesin pencarinya, Android, Chrome, Google Maps, Google Photo dan produk internet lainnya. Sundar Pichai diangkat sebagai CEO Google yang sebelumnya menjabat Senior Vice President dari Google Product. Youtube akan menjadi semi-independen bagian dari Google dengan Susan yang menjabat sebagai CEO-nya. Alphabet akan dipimpin oleh Co-founder Google Larry Page sebagai CEO dan Sergey Brin sebagai Presinden-nya.

Kenapa Google membuat perusahaan induk Alphabet?

Saat ini Google telah tumbuh menjadi sangat besar. Idenya adalah dengan restrukturisasi perusahaan maka akan memungkinkan untuk pengorganisasian yang lebih baik dan masing-masing perusahaan dibawah Alphabet memiliki CEO yang tangguh untuk menjalankan bisnis. Dalam banyak hal, perusahaan baru akan beroperasi mirip dengan yang lama, tetapi dengan batas yang lebih jelas, akuntabilitas yang lebih baik, dan struktur yang lebih komprehensif. Alphabet Inc juga akan menggantikan Google Inc. sebagai identitas publik yang baru.

Apa yang dikerjakan oleh perusahaan Alphabet?

Alphabet akan mengerjakan beberapa project seperti

  • Life Sciences, sebuah perusahaan yang berfokus pada lensa kontak glukosa-sensing.
  • Fiber, layanan internet kerumah dengan jaringan fiber optik. Fiber menawarkan kecepatan internet 1Gbps kerumah-rumah.
  • Calico, berfokus pada penelitian memperpanjang umur manusia.
  • Nest Labs, dengan CEO Tony Fadell didalamnya. Nest Labs membawa produk Internet of Things untuk smart home seperti thermostat, alarm asap dan kamera keamanan.
  • Google X, tempat dimana proyek rahasia Google dikembangkan seperti Google Self Driving dan Google Glass agar lebih mendekati kenyataan.

Sumber Official Google Blog, Tech Radar

Dilihat 376 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist