Tutorial App Indexing: Mengembangkan Aplikasi Android Agar Terindex Mesin Pencari Google (Bagian 2)

tutorial app indexing

Tutorial App Indexing – Sebelum melanjutkan tahap 2 diharapkan untuk menyelesaikan tahap 1 terlebih dahulu, karena tanpa menyelesaikan tahap 1 proses yang dilakukan harus melakukan tambahan kode pada tahap 1. Tutorial Indexing Aplikasi Bagian 2 membahas bagaimana menambah http Url yang akan di-index ke dalam aplikasi kita. Google memiliki Google App yang di pasang pada launcher Google Now untuk memudahkan mencari aplikasi atau kegiatan sehari hari. Nah App Indexing hanya berkerja melalui Google App dan tidak melalui browser. Google memiliki API akses untuk melakukan indexing aplikasi pada mesin pencari Google. mari kita lakukan tahap demi tahap pada bagian 2 ini.

1. Buka Build.Gradle dan Tambahkan Dependencies Gradle Google Play Service.

Google API Indexing menggunakan library google play service seperti pada umumnya.

2. Buka File AndroidManifest.xml dan tambahkan meta data Google Play Service.

3. Buka Class MainActivity dan import class Google Play Service API Indexing

4. Lakukan penambahan http Url yang akan di-index

Untuk melakukan indexing ada beberapa yang dibutuhkan untuk menambah data pada mesin pencari Google. yang dibutuhkan antara lain URL yang digunakan untuk mengakses data dari browser atau Google App, kedua name yang digunakan untuk menampilkan title pada mesin pencari google, dan yang terakhir description untuk menampilkan deskripsi pada Google App.

5. Handle memulai API Indexing dan mengakhiri API Indexing

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, indexing terjadi  ketika method start berjalan, maka secara otomatis data tersebut tersimpan pada data internal aplikasi. ketika user menghapus data cache pada pengaturan maka secara otomatis data yang telah ter-index akan hilang kembali.

app indexing

Related Posts

About The Author

Spesialis dokter bedah robot Android, inisiator Code Android Indonesia dan part time gamer :)