Kini Kamu Bisa Uji Kecepatan Internet di Penelusuran Google

internet speed test

Ada berbagai cara untuk menguji kecepatan jaringan internet. Mungkin biasanya kamu mengakses web Ookla Speedtest, namun sekarang ada cara yang lebih praktis yaitu dengan menggunakan Google Search. Fitur di penelusuran ini sebelumnya pernah diuji coba Google pada pertengahan tahun 2016 seperti pada artikel berikut. Sekarang fitur tersebut sudah bisa diakses untuk semua orang. Untuk melakukan uji kecepatan jaringan internet pada penelusuran Google, berikut caranya

1. Terhubung ke Internet

Sebelum kamu bisa menguji kecepatan internet, terlebih dahulu kamu harus benar-benar terhubung ke jaringan internet yang aktif. Pilih SSID yang kamu inginkan (dengan asumsi kita menggunakan jaringan wireless), masuk dan pastikan ada koneksi aman. Kamu bisa menuju ke Google.co.id untuk melihat apakah koneksi internet kamu bekerja.

2. Minta Google untuk Uji Kecepatan

Setelah berada diberanda Google, cukup lakukan pencarian dengan kata kunci ‘speed test‘. Tentunya ada hasil pencarian website uji kecepatan seperti Speedtest dari Ookla, tapi pada bagian atas pencarian akan tampil cards penawaran uji kecepatan internet.

Untuk uji kecepatan internet kamu, klik ‘Jalankan Uji Kecepatan’. Secara real-time, kamu bisa melihat web applet memeriksa kecepatan ping, unduh, dan unggah.

Setelah selesai, kamu bisa melihat hasil uji, lokasi server yang digunakan dalam uji kecepatan, sedikit informasi tentang kecepatan jaringan kamu dan pilihan untuk menjalankan ‘uji lagi’.

Menariknya kamu akan diberi tahu kecepatan internet kamu termasuk dalam kategori lambat atau cepat. Selamat mencoba 🙂

Related Posts

About The Author

Hanya seseorang yang ingin belajar web, desain dan jaringan