Ulasan Lengkap Fitur Baru Android N Bagian 1, Multi Window dan Direct Reply Notifications

Android N Multi Window

Ulasan Lengkap Fitur Baru Android N Bagian 1, Multi Window dan Direct Reply Notifications – Beberapa jam yang lalu Google merilis Android N Preview yang ditujukan untuk pengembang, tentu ini masih versi awal yang akan banyak bug nya. Namun ini cukup untuk memperlihatkan fitur baru yang ada pada Android N. Ingat Google masih belum memberi nama untuk Android N ini lho.

SVP Google untuk Android, Hiroshi Lockheimer sendiri mengatakan Android N Preview ini masih terlalu dini, jadi belum ada nama. Namun kata-kata yang beliau yang ditulis di Medium pada akhir artikel mengatakan

So, the burning question that’s on everyone’s mind: what will the N release be named? We’re nut tellin’ you yet.

Jadi apakah nanti namanya akan Nuttella? Saya pura-pura tidak tahu 😀 , tetap saja tidak bisa dipastikan sampai Google benar-benar mengumumkan namanya atau patung baru Android N muncul dihalaman kantor pusat Google.

Baiklah balik lagi ke topik utama kita yang akan membahas fitur baru di Android N versi Developer Preview ini.

Multi Window

Fitur ini bukanlah fitur baru yang kita kenal, sebelumnya Microsoft lebih dahulu memperkenalkannya di Windows 8, kemudian disusul Apple dengan menamakannya split view yang diperkenalkan pada perangkat iPad Pro. Bagaimana dengan Android? Samsung juga telah lebih dulu menggunakan fitur ini pada smartphone nya, namun menggunakan ROM hasil modifikasi Samsung sendiri. Sebelumnya memang banyak bocoran berupa render yang memperlihatkan bahwa Google akan membawa fitur serupa di Android.

Fitur ini sangat berguna terutama untuk perangkat yang berlayar lebar. Apalah gunanya fitur multitasking namun tidak bisa melakukan split view. Fitur ini di implementasikan secara default di Android N, pengguna sekarang dapat membalas pesan sambil menonton streaming video. Untuk developer agar aplikasinya dapat mendukung split view  di Android N dapat mengunjungi halaman ini 

muti window Android N

Direct Reply Notification

Di antara perubahan Android N adalah notifikasi yang ditingkatkan. Selain tampilan yang didesain ulang. Android N sekarang dapat menggunakan fitur yang dinamakan direct reply notification, berarti sekarang memungkinkan pengguna untuk membalas notifikasi yang masuk langsung tanpa harus meninggalkan notifikasi. Developer sekarang juga dapat melakukan bundle notifikasi dari aplikasi yang sama secara bersama-sama.

Fitur ini sebelumnya ada di Android Wear tapi sekarang Google membawa fitur ini secara default di Android N untuk smarphone dan tablet. Developer dapat menggunakan RemoteInput notification API. Lebih lengkapnya cara penggunakan API ini developer dapat mengunjungi halaman ini.

direct reply notification

Pada bagian 2 kita akan membahas mengenai fitur Doze dan Screen Zoom. Apa sih yang baru dari fitur Doze di Android N dibandingkan dengan Android 6.0 Marshmallow.

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist