Ulasan Lengkap Fitur Baru Android N Bagian 2, Doze dan Screen Zoom

Android N Developer Preview

Ulasan Lengkap Fitur Baru Android N Bagian 2, Doze dan Screen Zoom – Kemarin kita membahas 2 fitur baru di Android N Developer Preview yaitu Multi Window dan Direct Reply Notification. Seperti yang kita janjikan kali ini kita akan membahas 2 lagi fitur baru Android N yaitu Doze dan Screen Zoom. Apa bedanya fitur Doze di Android 6 Marshmallow dibandingkan dengan Android N? Fitur apakah Screen Zoom ini dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasan lengkapnya

Doze

Teknologi pada smartphone saat ini semakin baik, yang dahulunya smartphone hanya menggunakan satu prosesor dengan RAM kecil. Sekarang telah ada prosesor untuk smartphone dengan enam sampai delapan core dan RAM super besar. Begitu juga dengan teknologi layar smartphone yang semakin bening untuk dilihat. Terknologi tersebut tidak diimbangi dengan teknologi baterai pada smartphone seperti Lithium Ion, dalam beberapa tahun ini tidak ada kemajuan yang berarti sama sekali. Semakin kencang prosesor smartphone tentu memakan daya baterai yang tidak sedikit. Akhirnya smartphone sekarang lebih cepat kehabisan daya baterai.

Jika dari hardware berupa baterai tidak memiliki kemajuan maka Google mencoba mengatasinya pada sisi software di Android. Sejak diperkenalkannya fiitur Doze pada Marshmallow, membawa angin segar untuk pengguna Android. Dengan fitur ini memungkinkan perangkat smartphone mereka masuk ke mode penggunaan daya yang sangat rendah ketika layar smartphone dalam keaadaan mati dan perangkat terdeteksi dalam keadaan diam. Fitur ini kembali mendapat perhatian lebih pada Android N, Google membuatnya lebih praktis daripada sebelumnya.

Nah pada Marshmallow fitur Doze ini memiliki kelemahan. Ketika kamu sering bepergian dan smartphone diletakkan didalam saku celana atau ketika kamu berada di bus atau kereta api yang berdesak desakan tentu smartphone akan bergeser atau begerak, sehingga fitur Doze ini menjadi tidak efektif. Untuk benar-benar memanfaatkan fitur ini kamu harus meletakkan smartphone Android kamu diatas meja. Tapi tidak mungkin kan smartphone kamu akan ditinggal ketika bepergian, apalagi tiap menit kamu membuka smartphone.

Nah fitur baru Doze pada Android N ini dapat berkerja setelah layar smartphone mati dalam jangka waktu tertentu terlepas apakah smartphone tersebut bergerak atau tidak. Dengan beberapa peningkatan dan tweak tambahan melalui Project Svelte, fitur ini akan bekerja efisien dengan mendukung lebih banyak perangkat daripada sebelumnya tidak peduli aplikasi apa saja yang dipasang.

BACA JUGA  Tonton Live Streaming Event Google 4 Oktober Disini

Google memperkenalkan dua bentuk level pembatasan aktifitas di Doze pada Android N.

doze-diagram-1
Ilustrasi 1 bagaimana Doze menerapkan level pertama sistem pembatasan aktifitas untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Ketika perangkat dalam mode baterai atau tidak di charging dan layar mati untuk beberapa saat, perangkat akan masuk ke mode Doze dan menerapkan level pertama dari sistem pembatasan aktifitas. Yang artinya akan mematikan akses jaringan dan menunda beberapa pekerjaan maupun sinkronisasi. Namun jika perangkat dalam keadaan stasioner (berpindah/bergerak) untuk beberapa waktu setelah masuk ke mode Doze, sistem akan melakukan jeda dengan melakukan pembatasan untuk PowerManager.WakeLock , AlarmManager dari alarm, GPS dan pemindai WiFi. Terlepas apakah mode level pembatasan pada Doze diterapkan beberapa atau semuanya. Sistem akan terjaga untuk melakukan pemeliharaan singkat dari jendela aplikasi yang terbuka, selama aplikasi tertentu memungkinkan mengakses jaringan dan dapat menjalankan beberapa pekerjaan atau sinkronisasi yang tertunda.

doze-diagram-2
Ilustrasi 2 bagaimana Doze diterapkan pada level kedua sistem pembatasan aktivitas setelah perangkat stasioner (bergerak/berpindah) untuk waktu tertentu.

Sebagai catatan, ketika layar smartphone diaktifkan atau perangkat di charging. Perangkat akan keluar dari mode Doze dan menghapus semua level pembatasan aktifitas. Untuk lebih detailnya mengenai Doze di Android ini, developer dapat mengunjungi halaman ini.

Screen Zoom

Jika kamu pernah mengalami kesulitan melihat konten pada layar perangkat Android kamu, icon atau tulisan terlihat terlalu kecil, fitur baru Android N ini sangat tepat untuk kamu. Android N memiliki kemampuan untuk mengatur ukuran tampilan layar yang berbeda. Fitur ini akan memperbesar semua elemen di layar untuk membantu meningkatkan aksesibilitas perangkat untuk pengguna dengan gangguan penglihatan. Fitur ini mirip dengan pengaturan HiDPI di desktop PC yang telah menggunakan layar resolusi tinggi atau retina display pada Mac. Karena layar smarphone sekarang telah banyak menggunakan resolusi sangat tinggi. Untuk mengakses fitur baru ini, pengguna Android N dapat mengakesnya di menu Settings > Display > Display size.

Display-size-screenshot-768x1365

Ketika kamu masuk ke menu baru ini, kamu dapat menggunakan slider di bagian bawah untuk meningkatkan atau menurunkan ukuran layar. Di bagian atas kamu dapat melakukan swipe melalui tiga preview yang berbeda untuk membantu kamu memutuskan memilih ukuran tampilan layar yang tepat. Setelah kamu keluar dari menu ini, pengaturan akan disimpan ukuran layar otomatis akan berubah.

BACA JUGA  Terungkap Gambar Render Pertama Smartphone Nexus 2016

Screen Zoom Android N

Google mengatakan fitur baru ini seharusnya developer tidak perlu membuat perubahan ke kode dalam aplikasi mereka. Hanya saja agar tetap aman, developer harus meninjau fitur ini untuk memastikan aplikasi mereka bekerja dengan baik. Untuk informasi lebih rinci tentang perubahan ini, developer dapat mengunjungi halaman ini.

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist