Versi Prototype AI AlphaGo Diam-Diam Menang dalam 50 Pertandingan Melawan Pemain Top

alphago

Versi Prototype AI AlphaGo Diam-Diam Menang dalam 50 Pertandingan Melawan Pemain Top – Bahkan setelah mengalahkan pemain Go terbaik dunia pada tahun lalu, DeepMind masih bekerja untuk meningkatkan kemampuan AlphaGo. Selama beberapa hari terakhir, sebuah versi prototype baru dari AI ini secara diam-diam menang melawan banyak pemain Go secara online, menurut CEO DeepMind Demis Hassabis.

Dengan menggunakan username Magister(P) dan Master (P), versi baru dari AlphaGo ini hanya menerima pertandingan dari pemain Go profesional di Asia pada server Tygem dan FoxGo. Mengalahkan pemain top dari China, Jepang dan Korea Selatan, pemain misterius akhirnya juga dikalahkan. pemain tersebut diketahui ialah Ka Jie, pemain peringkat satu di dunia saat ini.

Pada saat Hassabis mengungkapkan indentitasnya, AlphaGo telah membuat record 50 kali kemenangan dan satu kali seri karena koneksi time out dari sisi pemain manusia.

Karena kemenangan telak tersebut, bahkan grandmaster Go bernama Gu Li sempat menawarkan RMB 100.000 (yuan) bagi yang mampu mengalahkan AI ini. Setelah pertandingan Gu Li berpendapat “Bersama-sama, manusia dan AI akan segera mengungkapkan misteri yang lebih dalam dari Go.”

Gembira dengan hasil tersebut, CEO DeepMind mengumumkan bahwa “unoffcial testing” AlphaGo telah selesai dan akan membuat pertandingan resmi secara penuh akhir tahun ini. Mengenai pertandingan resmi ini akan mereka umumkan segera.

Demis Hassabis Tweet

Dilihat 151 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist