Virus Android Baru Bernama Mazar Menyebar Melalui SMS

android-malware

Virus Android Baru Bernama Mazar Menyebar Melalui SMS – Heimdal perusahaan keamanan Denmark telah mendeteksi potongan malware yang menyebar via SMS dan trik tertentu agar pengguna mengunduh aplikasi berbahaya. Dilansir dai 9to5google (17/2) pesan teks yang berisi link tersebut telah dikirim ke 100 ribu ponsel di Denmark.

Mazar BOT terlihat pada bulan November tahun lalu yang di jual di dark web, tetapi ini pertama kalinya virus digunakan untuk serangan. Pengguna menerima teks yang isinya mencoba menipu pengguna untuk membuka link download palsu. Aplikasi tersebut meminta akses permission yang sangat luas seperti kemampuan untuk mengirim SMS, meminta akses penuh internet, dan kemampuan untuk menghapus telpon.

Setelah virus tersebut terpasang pada perangkat, aplikasi tersebut akan memasang TOR, mencoba connect ke server dan mengirim sebuah pesan yang berisi lokasi perangkat tersebut. Malware akan mengarahkan semua koneksi internet ponsel tersebut ke proxy berbahaya dan pelaku akan melakukan serangan dengan teknik yang disebut serangan MITM (Man in The Middle), mencuri password dan informasi sensitif lainnya. Menariknya, malware tidak akan menginstal pada ponsel yang bahasanya diatur ke bahasa Rusia, mungkin untuk mengisyaratkan asal-usul virus tersebut.

Pengguna dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk menghindari infeksi virus. Pertama, pengguna tidak harus mengklik pada link dalam pesan teks dari pengirim aneh dan tidak menginstal aplikasi yang tidak jelas atau tidak diketahui. Selain itu pengguna bisa mematikan fitur Install Apps from Unknow Source yang dapat dilihat di Settings > Security > Unknown sources.

Via 9to5google
Dilihat 2,183 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist