Setelah Putus Kontrak dengan Disney Karena Video Rasisnya, YouTube Juga Memutus Kontrak dengan PewDiePie

PewDiePie Youtube Red

YouTube Juga Memutus Kontrak dengan PewDiePie – Konten becandaan YouTuber populer PewDiePie yang mengandung antisemitisme berbuntut panjang. Dalam video berjudul “Death to All Jews” tersebut memperlihatkan dua orang India memegang kertas yang bertuliskan hal yang sama. Ternyata bintang YouTube ini membayar dua orang tersebut.

Kemarin, buntut dari video tersebut studio maker Disney memutuskan kontrak kerja samanya dengan YouTuber yang memiliki 50 juta subscriber ini. Sekarang, menurut laporan dari Bloomberg, YouTube dan Google juga melakukan hal yang sama.

Dengan Disney, Felix Kjellberg atau yang lebih dikenal dengan PewDiePie terlibat sebagai MCN (Multi Channel Network). Sementara dengan YouTube, PewDiePie bekerja sama membuat tayangan berbayar di YouTube RED dengan serial acaranya yang berjudul Scare PewDiePie. Akibat lelucon antisemitisme yang menyinggung ras Yahudi, PewDiePie kehilangan sejumlah kontrak tersebut. Tidak hanya itu Google juga menghapus PewDiePie dari layanan iklan Google Preffered. Efek dari hal tersebut PewDiePie tidak lagi mendapatkan spot iklan-iklan premium yang biasanya akan tampil pada video di channel-nya.

Google memutuskan bahwa konten tersebut tidak ditemukannya unsur hate speech. Namun, PewDiePie dianggap melanggar persyaratan kerjasama kemitraan iklan premium. Meskipun Google menghapus PewDiePie dari layanan iklan Google Preffered dan menghentikan kerja sama untuk serial di layanan premium YouTube RED. Video Felix akan tetap diizinkan di YouTube dan memiliki iklan melalui AdSense. Namun, kehilangan spot iklan premium tentu saja mengakibatkan kehilangan pendapatan yang besar.

Video tersebut memang sudah dihapus oleh PewDiePie, tapi jika kamu penasaran video apa yang membuat banyak media teknologi ini memberitakannya. Berikut video yang di reupload oleh pengguna lain.

Dilihat 1,244 kali

Related Posts

About The Author

From developer, become tech journalist