YouTube Kids, Aplikasi YouTube Sahabat Anak-Anak Masuki Pasar Asia

YouTube Kids Aplikasi YouTube Sahabat Anak-Anak – YouTube Kids merupakan versi YouTube yang dikhususkan untuk anak-anak. YouTube Kids sendiri sebenarnya sudah ada sejak Februari 2015.  Namun baru-baru ini, aplikasi besutan YouTube memasuki wilayah Asia sebagai pasar awal yaitu negara Malaysia dan Filipina.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbeda dengan aplikasi YouTube, karena konten-konten didalamnya telah di filter terlebih dahulu oleh staf YouTube, jadi aplikasi ini berisi video-video yang seharusnya anak kecil lihat.

Kelebihan YouTube Kids

Aplikasi ini memiliki fitur untuk orang tua antara lain :

  • Timer, Sebuah fitur dimana orang tua dapat mengatur berapa lama dapat menonton video yang tersedia di aplikasi ini, seperti contoh, orang tua dapat mengatur pemakaian YouTube Kids selama 30 menit sampai maksimal 120 menit apabila telah melebihi waktu tersebut, secara otomatis aplikasi ini akan berhenti bekerja dan menutup. Sehingga anak tidak berlama-lama di depan layar.
  • Looked search, walaupun telah di filter oleh staf YouTube namun orang tua juga dapat dapat memasukkan kata kunci apa saja yang akan di kunci. Sehingga anak tidak dapat mengakses kata kunci tersebut.
  • Passcode, merupakan sebuah fitur dimana orang tua memberikan kode keamanan pada pengaturan sehingga anak tidak dapat mengubah dengan mudah pengaturan yang telah di setting.

Aplikasi ini juga tentunya terdapat iklan didalamnya, biasanya iklan akan muncul sebelum video tersebut berjalan. Akan tetapi iklan-iklan yang terdapat didalam YouTube Kids merupakan iklan yang mengedukasi sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan iklan yang akan muncul. Pada iklan yang muncul juga terdapat tombol “skip ad” seperti aplikasi YouTube pada umumnya.

Pada hari kamis kemarin, YouTube secara resmi mengumumkan Aplikasi YouTube Kids akan masuk ke dua negara terlebih dahulu, yaitu Malaysia dan Filipina. Aplikasi ini dapat didownload melalui iOS dan Android pada smartphone maupun tablets.

YouTube Kids ini juga dapat terhubung melalui aplikasi smart TV seperti Chromecast dan Apple TV. YouTube Kids juga telah tersedia di 21 negara lainnya di seluruh dunia, dan saat ini YouTube Kids berencana untuk meluncurkannya ke negara-negara lain di Asia pada bulan yang akan datang.

Untuk Indonesia, belum ada tanggal resmi kapan YouTube Kids akan masuk. Jadi tunggu saja update berita ini melalui Chromplex.

I Made Adhi Wiryawan: Mahasiswa teknik elektro, yang tertarik dengan game, teknologi, dan kadang suka menulis
Disqus Comments Loading...